03.02

Waspada, Lahar Panas Merapi Sudah Terbentuk

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperingatkan kepada warga di sekitar Gunung Merapi akan luncuran lahar panas.

"Saat ini lahar sudah terbentuk, jadi waspada dengan hadirnya lahar," kata Kepala PVBMG, Surono, saat dihubungi VIVAnews, Kamis 4 November 2010.

Kesimpulan ini didasarkan pada hasil pemantauan instrumental dan visual pada 4 November 2010 dari Pukul 07.00 sampai pukul 13.00. Dari hasil pemantauan, Gunung Merapi terlihat masih menunjukkan aktivitas yang cukup tinggi.

Hal ini ditunjukkan dengan adanya awan panas yang beruntun. Saat ini ancaman Merapi tidak hanya awan panas dan lahar dingin, tapi secara tidak langsung berupa lahar panas.
Lahar adalah materi erupsi gunung api yang berbentuk padat mulai dari ukuran debu vulkanik sampai ukuran bongkah yang keluar oleh letusan yang sifatnya explosif.
"Semakin bertambahnya material erupsi di alur sungai yang berhulu dari puncak Gunung Merapi dan material guguran kubah serta tingginya intensitas hujan di sekitar Gunung Merapi, maka berpotensi terjadi banjir lahar di seluruh sungai," jelasnya.

Sumber:http://nasional.vivanews.com/news/read/186807-pvbmg--waspada-awan-dan-lahar-panas-merapi

0 komentar:

Posting Komentar