22.07

Belum Saatnya Irfan Dkk Berleha-leha


JAKARTA - Jalan tim Merah Putih menuju final AFF Suzuki 2010 masih berat. Kendati berhasil menumpaskan semua lawan-lawannya di Grup A, tak membuat pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl tersenyum lepas.

Pasalnya, kemenangan 2-1 atas Thailand, Selasa (7/12/2010) malam tadi, belum menunjukkan penampilan terbaik Cristian Gonzales dkk. Dan calon lawan di semi final dari Grup B akan jauh lebih berat.

Melihat torehan poin di Grup B, Filipina, Singapura, dan Vietnam dengan segala amunisinya siap menjadi lawan tangguh Indonesia di semi final.

Riedl, sebagai seorang pelatih profesional yang dikenal tegas dan disiplin, kini hanya punya waktu sepekan untuk mempersiapkan kemampuan tim Indonesia sebelum laga semifinal digelar home away pada 15 dan 18 Desember ini. Sejumlah pekerjaan rumah dan pintu keluarnya telah disiapkan Reidl.

Untuk mengetahui sedikit kekuatan calon lawan, Riedl bersama Direktur Teknis Badan Tim Nasional (BTN) Sutan Harhara terbang ke Vietnam seusai pertandingan Indonesia-Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (7/12/2010) malam tadi.

“Saya akan menyaksikan pertandingan Vietnam (melawan Singapura), dan Pak Harhara akan menyaksikan pertandingan Filipina (melawan Myanmar)," ujar Riedl seusai pertandingan.

Riedl tak ingin berjuang seorang diri, karena Riedl juga mewajibkan Firman Utina dkk turut serta.

Meski masih ada waktu sepekan jelang semi final, sang pelatih asal Austria tersebut hanya memberi waktu istirahat sehari kepada anak asuhnya, yakni Kamis (9/12/2010) ini.

Dan selebihnya, mereka diwajibkan latihan dan latihan. Belum waktunya bagi Cristian "El Loco" Gonzales dan Irfan Bachdim bersantai ataupun berleha-leha dengan penggemar fanatiknya. "Besok (hari ini) jam 11.00 WIB tetap latihan," tegas Riedl.

Bagi Riedl, perjuangan seluruh orang yang terlibat dalam timnas Merah Putih baru bisa dirayakan jika Indonesia bisa merebut Piala AFF dari juara bertahan Vietnam.

Di akhir pernyataannya, pelatih yang pernah menangani timnas Laos ini tetap "membumi". "Singapura, Filipina, Vietnam, Malaysia pun semua tim-tim yang kuat. Sulit untuk mengatakan siapa yang bakal difavoritkan lolos ke final," ucapnya.

Sumber : http://www.tribunnews.com/2010/12/08/tim-merah-putih-terbang-ke-vietnam-intip-kekuatan-lawan

0 komentar:

Posting Komentar